BAHAN AJAR

Mendengarkan dan Menanggapi Berita ( Tuturan Langsung )

Anda tentu sering mendengarkan secara langsung informasi dari berbagai sumber, misalnya radio, televise, berita atau cerita yang disampaikan oleh seseorang. Sewaktu Anda mendengarkan berita / informasi tersebut, sebetulnya Anda melalui tahap – tahap sebagai berikut, yaitu tahap mendengarkan (mendengarkan semua yang disampaikan), tahap memahami (keinginan untuk mengerti), tahap menginterpretasi (memahami secara cermat is ujaran / pembicaraan), tahap mengevaluasi (menilai isi pembicaraan), dan tahap merespons (menanggapi isi pembicaraan).

Berita radio, televise, dan berita / cerita yang didengar memiliki isi pokok yang meliputi 5W + 1H, yaitu what (apa), who (siapa), why (mengapa), where (di mana), when (kapan), dan how (bagaimana). Berdasarkan isi tersebut, Anda dapat mengungkapkan rangkuman isi berita / cerita secara cermat dan runtut.

Setelah seseorang mendengarkan berita, terkadang dia memberikan tanggapan. Tanggapan dapat bervariasi, yaitu ada yang setuju, menolak, atau menambahkan pendapat, dan sebagainya. Akan tetapi, dalam memberikan tanggapan, hendaknya disertai dengan alasan yang logis agar dapat diterima oleh si pemberi berita.


Comments (2)

On 20 Februari 2012 01.52 , ismail_1495 mengatakan...

apa ini pk

 
On 17 September 2013 08.10 , nadiah isnaeni mengatakan...

apa bedanya tuturan langsung dengan informasi langung?