Mendengarkan laporan kegiatan.
Paparan yang Anda dengarkan itu dinamakan laporan kegiatan, laporan
tersebut menjelaskan suatu kegiatan yang telah dilaksanakan oleh sekolah. Dalam
menyampaikan suatu laporan harus didalamnya terdapat unsur unsur pentig.
Ada 6 unsur penting yang merupakan unsur utama
suatu laporan kegiatan yaitu ,
a. nama kegiatan
b. jenis-jenis kegiatan
c. tempat kegiatan
d. peserta kegiatan
e. pelaksanaan kegiatan
dengan memerhatikan ke 6 unsur tersebut maka Anda
dapat membuat pokok suatu laporan kegiatan.
Membedakan kalimat fakta dan kalimat opini.
Kalimat-kalimat laporan tersebut ada yang berupa kalimat fakta dan ada
yang berupa kalimat opini atau pendapat. Sebelum Anda menentukan , perlu Anda
mencermati pengertian dari masing-masing istilah tersebut,
a. Fakta adalah hal, keadaan, atau peristiwa
yang benar ada atau benar-nenar terjadi.
b. Opini/pendapat adalah pikiran atau
anggapan seseorang tentang suatu hal.
Berdasarkan definisi tersebut Anda dapat
menetukan mana yang berupa kalimat fakta dan mana yang berupa kalimat opini.
Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan,sesuatu yang benar-benar
ada,terjadi dan ada buktinya.
Contoh : “Tirakatan Budaya” adalah cara yang diadakan oleh para seniman dan
budayawan menjelang detik pergantian abad ke-20, di kompleks Taman Budaya Jaw
Tengah, Solo, 2 Desenber 2010.
Dari contoh tersebut dapat menjawab pertanyaan , apa, siapa, kapan, dan
dimana peristiwa itu terjadi.
Opini adalah pendapat ,pikiran, atau pendirian seseorang tentang suatu
atau dapat menjawap pertanyaan
bagaimana.
Contoh: Bagus sekali isi puisi yang disampaikan WS Rendra pada
acara”Tirakatan Budaya” itu.
Dari contoh tersebut menjawab pertanyaan bagaimana.
Konsep dalam bacaan
Konsep adalah ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret.
Konsep dapat ditentukan dari pernyataan atau penjelasan yang dikemukakan dalam
bacaan.
Contoh:
Seorang memberikan pendapat terhadap karya orang, pendapat yang diberikan
berupa hal-hal yang bersifat positif dan negatif terhadap karya tersebut. Tidak
hanya terbatas penilaian saja, tetapi juga memberikan penjelasan, saran, yang
bersifat membangun sehingga dapat dijadikan sebagai perbaikan untuk karya-karya
orang tersebut pada masa yang akan datang. Kegiatan ini disebut kritik.
Konsep yang dikemukakan dalam paragraf tersebut tentang kritik:
Kritik adalah pemberian pertimbangan baik buruk terhadap karya orang lain
yang sertai saran-saran yang bersifat membangun terhadap karya tersebut.
Gagasan Utama
Gagasan utama adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan.
Gagasan diungkapkan dengan kata-kata frasa. Letak gagasan utama diawal paragraf
(deduktif) , diakhir paragraf (induktif), atau diawal dan diakhir
(deduktif-induktif). Dalam paragraf berjenis narasi dan deskripsi gagasan utama
dapat tersebar diseluruh kalimat.
Contoh: 1
Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang
dpat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut, yang lucu,
tetapi mengandung unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula
mewakili pesan moral. Misalnya kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang
bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhaadap sesama.
Gagasan utama paragraf tersebut terhadap di awal paragraf (deduktif), yaitu
bacaan yang baik untuk anak.
Contoh: 2
Sudah ada ide, tetapi sukar untuk dituangkan. Selalu dihadapkan dengan
persoalan apa yang hendak ditulis? Seberapa panjang tulisan yang akan ditulis.
Keringnya pengetahuan terhadap topik yang hendak dikembang. Demikianlah
pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.
Gagasan utama paragraf terdapat di akhir (induktif), yaitu pengalaman
belajar menulis.
Judul Bacaan
Pemberian judul bacaan yaitu penanaman terhadap bacaan. Pemberian judul
bacaan harus mempertimbangkan isi bacaan. Di samping itu, judul haruslah
menarik, mudah diingat, singkat, menggambarkan isi, berupa kata atau frasa.
Yang harus diperhatikan lagi adalah penulisan judul yang benar harus mengaju
pada EYD, yaitu menggunakan huruf awal
kapital pada semua kata kecuali konjungsi, judul tidak boleh diakhiri titik.
Contoh:
Dari Desa ke Desa
Anak dan Cita-Citanya
Dari contoh tersebut kata ke ,dan merupakan kata depan dan konjungsi, maka
kedua kata tersebut tidak menggunakan huruf awal kapital.
Tanggapan isi bacaan.
Setelah membaca sebuah bacaan, kita sering memberi komentarpositif atau
negatif terhadap isi bacaan tersebuut. Pemberian komentar itu disebut tanggapan
terhadap isi bacaan. Tetapi sebuah tanggapan haruslah logis.
Contoh
Membaca pemahaman sangat penting dibandingkan dengan kemampuan berbbahasa
lainya. Misalnya, kkemampuan mendengarkan sesuatu sangat terbatas jangkauanya
seperti waktu, tempat, dan sebagainya. Tetapi, dengan membaca pemahaman dapat
dilakukan di mana dan kapan pun, serta dapat dilakukan sewaktu-waktu, serta
dengan cepat dapat menangkap isi bacaa
07.06 |
Category: |
0
komentar
Comments (0)