Mendengarkan laporan kegiatan.

              Paparan yang Anda dengarkan itu dinamakan laporan kegiatan, laporan tersebut menjelaskan suatu kegiatan yang telah dilaksanakan oleh sekolah. Dalam menyampaikan suatu laporan harus didalamnya terdapat unsur unsur pentig.

Ada 6 unsur penting yang merupakan unsur utama suatu laporan kegiatan yaitu ,
a.       nama kegiatan
b.      jenis-jenis kegiatan
c.       tempat kegiatan
d.      peserta kegiatan
e.       pelaksanaan kegiatan

dengan memerhatikan ke 6 unsur tersebut maka Anda dapat membuat pokok suatu laporan kegiatan.

Membedakan kalimat fakta dan kalimat opini.
               Kalimat-kalimat laporan tersebut ada yang berupa kalimat fakta dan ada yang berupa kalimat opini atau pendapat. Sebelum Anda menentukan , perlu Anda mencermati pengertian dari masing-masing istilah tersebut,
a.       Fakta adalah hal, keadaan, atau peristiwa yang benar ada atau benar-nenar terjadi.
b.      Opini/pendapat adalah pikiran atau anggapan seseorang tentang suatu hal.

 Berdasarkan definisi tersebut Anda dapat menetukan mana yang berupa kalimat fakta dan mana yang berupa kalimat opini.

Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan,sesuatu yang benar-benar ada,terjadi dan ada buktinya.

Contoh : “Tirakatan Budaya” adalah cara yang diadakan oleh para seniman dan budayawan menjelang detik pergantian abad ke-20, di kompleks Taman Budaya Jaw Tengah, Solo, 2 Desenber 2010.
Dari contoh tersebut dapat menjawab pertanyaan , apa, siapa, kapan, dan dimana peristiwa itu terjadi.

Opini adalah pendapat ,pikiran, atau pendirian seseorang tentang suatu atau  dapat menjawap pertanyaan bagaimana.

Contoh: Bagus sekali isi puisi yang disampaikan WS Rendra pada acara”Tirakatan Budaya” itu.

Dari contoh tersebut menjawab pertanyaan bagaimana.







Konsep dalam bacaan
Konsep adalah ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret. Konsep dapat ditentukan dari pernyataan atau penjelasan yang dikemukakan dalam bacaan.

Contoh:
Seorang memberikan pendapat terhadap karya orang, pendapat yang diberikan berupa hal-hal yang bersifat positif dan negatif terhadap karya tersebut. Tidak hanya terbatas penilaian saja, tetapi juga memberikan penjelasan, saran, yang bersifat membangun sehingga dapat dijadikan sebagai perbaikan untuk karya-karya orang tersebut pada masa yang akan datang. Kegiatan ini disebut kritik.

Konsep yang dikemukakan dalam paragraf tersebut tentang kritik:
Kritik adalah pemberian pertimbangan baik buruk terhadap karya orang lain yang sertai saran-saran yang bersifat membangun terhadap karya tersebut.

Gagasan Utama
Gagasan utama adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan diungkapkan dengan kata-kata frasa. Letak gagasan utama diawal paragraf (deduktif) , diakhir paragraf (induktif), atau diawal dan diakhir (deduktif-induktif). Dalam paragraf berjenis narasi dan deskripsi gagasan utama dapat tersebar diseluruh kalimat.

Contoh: 1
Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dpat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut, yang lucu, tetapi mengandung unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. Misalnya kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhaadap sesama.

Gagasan utama paragraf tersebut terhadap di awal paragraf (deduktif), yaitu bacaan yang baik untuk anak.

Contoh: 2
Sudah ada ide, tetapi sukar untuk dituangkan. Selalu dihadapkan dengan persoalan apa yang hendak ditulis? Seberapa panjang tulisan yang akan ditulis. Keringnya pengetahuan terhadap topik yang hendak dikembang. Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.

Gagasan utama paragraf terdapat di akhir (induktif), yaitu pengalaman belajar menulis.

Judul Bacaan
Pemberian judul bacaan yaitu penanaman terhadap bacaan. Pemberian judul bacaan harus mempertimbangkan isi bacaan. Di samping itu, judul haruslah menarik, mudah diingat, singkat, menggambarkan isi, berupa kata atau frasa.

Yang harus diperhatikan lagi adalah penulisan judul yang benar harus mengaju pada EYD, yaitu menggunakan huruf  awal kapital pada semua kata kecuali konjungsi, judul tidak boleh diakhiri titik.

Contoh:
Dari Desa ke Desa
Anak dan Cita-Citanya

Dari contoh tersebut kata ke ,dan merupakan kata depan dan konjungsi, maka kedua kata tersebut tidak menggunakan huruf awal kapital.

Tanggapan isi bacaan.
Setelah membaca sebuah bacaan, kita sering memberi komentarpositif atau negatif terhadap isi bacaan tersebuut. Pemberian komentar itu disebut tanggapan terhadap isi bacaan. Tetapi sebuah tanggapan haruslah logis.

Contoh
Membaca pemahaman sangat penting dibandingkan dengan kemampuan berbbahasa lainya. Misalnya, kkemampuan mendengarkan sesuatu sangat terbatas jangkauanya seperti waktu, tempat, dan sebagainya. Tetapi, dengan membaca pemahaman dapat dilakukan di mana dan kapan pun, serta dapat dilakukan sewaktu-waktu, serta dengan cepat dapat menangkap isi bacaa

Comments (0)