BAHAN AJAR

BERBICARA

PIDATO DAN MEMBERIKAN KOMENTAR

Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi secara monolog. Proses komunikasi dalam berpidato lebih bersifat satu arah sebab hanya seorang yang berbicara, sedangkan yang lain sebagai pendengar. Pidato adalah pengungkapan pikiran dengan kata – kata yang ditujukan kepada orang banyak, untuk menyampaikan pendapat atau gagasan.
Agar gagasan mudah ditangkap pendengar, pembicara harus membuat kerangka pidato lebih dulu. Secara garis besar kerangka pidato dibagi atas tiga bagian sebagai berikut :

1.   Pendahuluan
Bagian pendahuluan ditujukan untuk mempersiapkan pendengar, baik emosi maupun pikirannya untuk menerima sesuatu yang akan dikemukakan pembicara.

2.   Isi
Pidato berisi gagasan pokok yang akan disampaikan pembicara. Pengembangan isi pidato harus sejalan dengan tujuan pidato.

3.   Penutup
Bagian penutup pidato merupakan kunci keseluruhan is pidato. Bagian ini biasanya berupa rangkuman, pernyataan ulang tujuan khusus, atau berupa seran untuk membangkitkan semangat.

Beberapa hal yang perlu dilakukan pada saat menyimak pidato sebagai berikut.
1.      Menyimak isi pidato dari awal sampai akhir. Hal ini dilakukan agar penyimak dapat menangkap keseluruhan gagasan, pendapat, atau pesan yang disampaikan pembicara.
2.      Menyimak isi pidato dengan cermat dan teliti. Bila perlu, penyimak dapat mencatat hal – hal penting yang disampaikan dalam pidato. Hal tersebut dilakukan untuk membantu penyimak mengingat kembali gagasan, pendapat, dan pesan yang disampaikan dalam pidato.
3.      Dengan menyimak pidato secara cermat, diharapkan penyimak pidato dapat memahami isi pidato sehingga dapat memberikan komentar terhadap gagasan, pendapat, dan pesan pidato.

Kegiatan memberikan komentar berarti memberikan tanggapan atas suatu gagasan, pendapat, dan pesan yang disampaikan oleh orang lain. Oleh karena itu, komentar yang diberikan hendaknya mudah dipahami dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Selain itu, komentar yang diberikan harus disertai dengan alasan yang logis dan meyakinkan.

Hal – hal yang perlu diperhatikan agar komentar dapat dipahami dengan baik sebagai berikut :
1.      Komentar dikemukakan dalam uraian yang tersusun dengan baik.
2.      Komentar harus terarah pada sasran yang diinginkan, jelas, menarik, dan meyakinkan.
3.      Kalimat dan pilihan kata yang digunakan hendaknya tepat dan mudah dipahami.
4.      Bila perlu, komentar dapat dilengkapi dengan fakta yang relevan

Comments (0)